KARYA TULIS ILMIAH
PENGANTAR PENDIDIKAN
( Pendidikan Dasar Keperawatan )
DOSEN PENGAMPU :
Ns. Ferawati, S.Kep.
Disusun Oleh ;
SRI ERNAWATI (
01314055 )
KELAS B - S1 KEPERAWATAN
SEMESTER 1
STIKES ICSADA BOJONEGORO TAHUN AKADEMIK 2013-2014
Jalan Dr.Wahidin No 68A, Telp. ( 0353 ) 89 333 7 -
Bojonegoro

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis
ucapkan
kehadirat Allah SWT yang telah berkenan memberi petunjuk dan hidayah-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan Karya
Tulis ini dengan judul “PENGANTAR
PENDIDIKAN ” Dalam menyelesaikan Karya Tulis ini penulis banyak sekali mendapat bantuan,
dukungan moril maupun materi dari berbagai pihak dan pada kesempatan ini
penulis mengucapkan terima kasih kepada ibu Ns. Ferawati,S.Kep selaku dosen pembimbing dan kepada
teman-teman yang sudah memberikan bantuan dan masukan sehingga penulis
dapat menyelesaikan Karya
Tulis ini.
Semoga Karya Tulis ini dapat bermanfaat bagi semua pihak
dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.
Bojonegoro,
06 Januari 2014
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang
pendidikan
dapat di artikan sebagai suatu metode untuk mengembangkan ketrampilan,
kebiasaan, dan sikap-sikap yang diharapkan dapat membuat seseorang menjadilebih
baik. melakukan perubahan sikap dan tata laku dengan cara berlatih dan belajar
dan tidak terbatas pada lingkungan sekolah.
Dasar atau
landasan pendidikan dapat dilihat dari berbagai segi,yaitu :
§ Religius
.
§ Ideologis
§ Ekonomis
§ Teknologis
§ Psikologis dan Pedagogis
§ Sosial Budaya
Pentingnya pendidikan bagi manusia,untuk menjadikan
diri seseorang menjadi lebih baik, bukan hanya dari segi pemikiran/ intelegensi
saja, melainkan bagaimana seseorang bersikap dan bertingkahlaku dengan
lingkungannya.
Tujuan
pendidikan secara Umum

Mencerdaskan
kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki
pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang
mantap dan mandiri serta rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan berbangsa.

Meningkatkan
kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap
Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju,
tangguh, cerdas, kreatif, terampil, disiplin, beretos kerja professional, serta
sehat jasmani dan rohani. Pendidikan nasional juga harus menumbuhkan jiwa
patriotic dan mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat
kebangsaan dan kesetiakawannan, serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap
meghargai jasa para pahlawan, serta berorientasi ke depan.
1.2
Rumusan Masalah
1. Apakah yang dimaksud dengan pendidikan ?
2. Bagaimana peran pendidikan bagi bangsa ?
3. Bagaimana bangsa bisa mewujudkan suatu pendidikan
melalui pendirian sekolah ?
1.3
Tujuan
1. Untuk mengetahui Arti pendidikan bagi suatu
kehidupan
2. Untuk mengenal akan pentingnya suatu pendidikan bagi
bangsa
3. Mengetahui akan tujuan di dirikannya suatu saran
sekolah sebagai perwujudan dari pendidikan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Secara
umum pendidikan dapat di artikan sebagai suatu metode untuk mengembangkan
ketrampilan, kebiasaan, dan sikap-sikap yang diharapkan dapat membuat seseorang
menjadilebih baik. Berdasarkan KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia), pendidikan
adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang
dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan,
proses, cara dan pembuatan mendidik. Pentingnya pendidikan adalah bukan hanya
untuk menjadikan seseorang menjadi pintar ( intelegency), tetapi pendidikan
akan mengubah kepribadian seseorang mejadi lebih baik.
2.2 Dasar Pendidikan
Dasar
pendidikan adalah pondasi atau landasan yang kokoh bagi setiap masyarakat untuk dapat melakukan perubahan sikap dan
tata laku dengan cara berlatih dan belajar dan tidak terbatas pada lingkungan
sekolah.
Dasar atau
landasan pendidikan dapat dilihat dari berbagai segi,yaitu :
§ Religius
Merupakan elemen atau dasar pendidikan yang paling
pokok, disini di tanamkan nilai-nilai agama ( iman, akidah, dan akhlak )
sebagai suatu pondasi yang kokoh dalam pendidikan.
§ Ideologis
Mengacu pada ideologis bangsa kita yakni, pancasila
dan berdasarkan pada UUD 1945. Dan pada dasarnya adalah untuk mencerdaskan
kehidupan bangsa.
§ Ekonomis
Dalam kondisi ini, pendidikan dapat dijadikan
sebagai ajang bagi seseorang untuk mendapatkan penghidupan yang layak dan
keluar dari segala bentuk kebodohan dan kemiskinan. Pendidikan dalam ingkup ini
dapat di manfaatkan untuk mendapatkan suatu pekerjaan yang layak ( dengan gaji
yang tinggi ) untuk mendapatkan kecukupan materi.
§ Teknologis
Dunia telah mengalami eksplosit, ilmu pengetahuan
dan teknologi. Dan bisa dikatakan teknologi sangat memiliki peran dalam
kemajuan dunia pendidikan.
§ Psikologis dan Pedagogis
Tugas pendidikan ang utama adalah mengajarkan
bagaimana cara belajar, mendidik kejiwaan, menanamkan motivasi yang kuat dalam
diri anak untuk belajar terus-menerus sepanjang hidupnyadan memberikan
ketrampilan kepada peserta didik,mengembangkan daya adaptasi yang besar dalam
diripeserta didik.
§ Sosial Budaya
Mengacu
kepada hubungan antara individu dengan individu lainnya dalam suatu lingkungan
atau masyarakat. Begitu juga halnya dengan budaya, budaya masyarakat sangat
berperan dalam proses pendidikan, karena budaya identic dengan adatdan
kebiasaan. Apabila sosial budaya seseorang itu berjalan baik, maka pendidikan
akan mudah dicapai. Intinya, bahwa setiap interaksi yang dibangun oleh
seseorang dengan orang lain dalam lingkungannya baik, maka hasilnya juga akan
baik ( membawa perubahan yang lebih baik) begtupun sebaliknya.
2.3 Tujuan Pendidikan
Tujuan
pendidikan secara Agama meliputi :
Ø Pembinaan Akhlak
Mengubah
perilaku seseorang menjadi lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan oleh
agama.
Ø Penguasaan ilmu
Agar para
manusia mengerti akan ilmu, bukan hanya ilmu secara umum, melainkan ilmu yang
kaitannya dengan Tuhannya.
Ø Ketrampilan bekerja dalam masyarakat
Dengan seseorang
berpendidikan, maka mereka memiliki bekal untuk bekerja yang berupa skill.
Dimana skill dapat di asah melalui suatu pendidikan.
Ø Mengembangkan akal dan akhlak
Pendidikan dapat
mendorong seseorang untuk berfikir dan bertindak serta dapat
mempertanggungjawabkan semua apa yang sudah menjadi keputusannya.
Ø Pengajaran kebudayaan
Melalui
pendidikan, seseorang akan mengerti akan suatu budaya yang baik maupun budaya
yang kurang pantas bagi dirinya.
Ø Pembentukan kepribadian
Dengan adanya
pendidikan, seseorang akan jauh lebih bisa menata hidupnya. Karena dalam suatu
pendidikan Pancasila, yang terkandung dalam bab Etika, segala sesuatu yang
melanggar suatu norma dinamakan suatu Penyimpangan.
Ø Menghambakan diri kepada Allah
Menyerahkan
semua kepada yang kuasa.
Ø Menyiapkan anak didik untuk hidup di dunia dan di
akhirat
Dimana dalam
pendidikan beragama , kita di beri pengetahuan akan pentingnya percaya akan hidup dan mati. Serta kehidupan setelah
kita mati.
Tujuan pendidikan secara Umum

Mencerdaskan
kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki
pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang
mantap dan mandiri serta rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan berbangsa.

Meningkatkan
kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap
Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju,
tangguh, cerdas, kreatif, terampil, disiplin, beretos kerja professional, serta
sehat jasmani dan rohani. Pendidikan nasional juga harus menumbuhkan jiwa
patriotic dan mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat
kebangsaan dan kesetiakawannan, serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap
meghargai jasa para pahlawan, serta berorientasi ke depan.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana
untuk mewujudkan suatu belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik
secara aktif dapat mengembangkan segaa potensi yang dimiliki. Yang mendasari
seseorang penting untuk melalui suatu pendidikan karena hampir segala aspek
kehidupan bisa kita dapatkan dari roses pendidikan, mulai dari pembentukan
kepribadian diri, aktualisasi diri, materi, pekerjaan, pengembangan potensi,
serta pendidikan bagaiman kta berhubungan manusia lain. Intinya bahwa
pendidikan dapat membawa perubahan pada hidup kita untuk menjadi lebih baik
lagi.
3.2 Saran
Teruslah melakukan suatu perubahan dengan menjalani
suatu pendidikan. Karena pendidikan akan mengembangkan ketrampilan yang
diharapkan dapat membuat seseorang
menjadi lebih baik. Satu hal yang perlu Kita ketahui, bahwa pendidikan tidak
hanya terbatas pada pendidikan Formal, tetapi pendidikan Non formal pun bisa
membawa perubahan yang lebih baik, tergantung bagaimana kita sebagai manusia
dalam menyikapinya
DAFTAR PUSTAKA
1.
Print out materi
Ibu Ns.Ferawati, S.Kep.
2.
Pendapat pribadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar